Jumat, 09 Oktober 2009

Klasifikasi Sistem Informasi Berdasarkan Fungsionalitas Bisnis

Sistem informasi adalah sekumpulan komponen pembentuk sistem yang mempunyai keterkaitan antara satu komponen dengan komponen lainnya yang bertujuan menghasilkan suatu informasi dalam suatu bidang tertentu. Dalam sistem informasi diperlukan klasifikasi alur informasi, hal ini disebabkan keanekaragaman kebutuhan akan suatu informasi oleh pengguna informasi. Kriteria dari sistem informasi adalah fleksibel, efektif, dan efisien.Secara umum, komponen sistem informasi terdiri atas data dan informasi (basis data), aliran data/informasi, hardware dan software (media data), prosedur operaional, dan pengguna (user). Dimana setiap komponen menjalankan fungsinya masing-masing dalam suatu integrasi yang saling melengkapi untuk menghasilkan output/keluaran yang bermanfaat guna memecahkan masalah dan mengambil keputusan.Berdasarkan fungsionalitasnya dalam dunia bisnis, sistem informasi dapat diklasifikasikan sebagai berikut :

1.Sistem informasi akuntansi (accounting information systems), menyediakan informasi dan transaksi keuangan
2.Sistem informasi pemasaran (marketing information systems), menyediakan informasi untuk penjualan, promosi penjualan, kegiatan-kegiatan pemasaran, kegiatan-kegiatan penelitian pasar, dan sebagainya.
3.Sistem informasi manajemen persediaan (inventory management information systems).
4.Sistem informasi personalia (personal information systems).
5.Sistem informasi distribusi (distribution information systems).
6.Sistem informasi pembelian (purchasing information systems).
7.Sistem informasi kekayaan (treasury information systems).
8.Sistem informasi analisis kredit (analysis credit information systems).
9.Sistem informasi penelitian dan pengembangan (research and development information systems).
10.Sistem informasi analisis software (software analysis information systems).
11.Sistem informasi teknik (engineering information systems).

Kumpulan dari sistem informasi di atas disebut Sistem Informasi Manjemen, yaitu suatu sistem informasi yang menghasilkan keluaran (output) dengan menggunakan masukan (input) dan berbagai proses yang diperlukan untuk memenuhi tujuan tertentu dalam suatu kegiatan manajemen.Pemanfaatan teknologi informasi menjadi suatu keharusan yang tidak dapat dihindari oleh setiap perusahaan yang ingin menempatkan dirinya pada posisi paling depan dalam dunia industri. Terkait dengan hal ini, pengelolaan sumber daya informasi memegang peranan yang sangat penting untuk menunjang suksesnya sebuah bisnis. Dalam sebuah perusahaan, pengelolaan sumber daya informasi biasanya disebut dengan Sistem Informasi Sumber Daya Informasi atau Information Resources Information Systems.Sistem informasi sumber daya informasi merupakan bagian dari sistem informasi yang bertanggung jawab untuk mengidentifikasi kebutuhan informasi, memproses serta menyediakan informasi dalam format yang tepat yang akan dipergunakan dalam proses pengambilan keputusan. Proses mengidentifikasi berarti sistem harus dapat menentukan masalah yang dihadapi perusahaan, keputusan yang akan dibuat oleh para pengambil keputusan dan informasi apa yang harus disediakan untuk memecahan masalah tersebut. Proses ini harus dapat menentukan data yang dibutuhkan, dimana, bagaimana, dan dengan metode apa data tersebut diperoleh serta bagaimana menentukan proses dan metode yang paling tepat yang akan dipergunakan dan berapa lama proses itu harus diselesaikan.

0 komentar: